Jumat, 27 Mei 2011

TV LG Chanel Pindah Sendiri

Para Pendekar teknisi TV, perkenankan kutuangkan beberapa pengalaman merepair tv meskipun aku hanya berbekal hoby otak-atik yang sudah ku jalani sejak tahun 90-an. Jadi maafkan jika tulisan ini lebih ke pendekatan empiris praktis berdasarkan analisis semata. Tidak bisa ngomong teoretis ... hi...hi

LG 29
Model     : CF29G8Z
Ic Prog    : LG8993-D8B
Ic Croma : TDA8844 S1
FBT        : 6174Z-6012A
Beberapa hari lalu, aku cukup dipusingkan oleh tv LG 29, masalahnya setiap tv di hidupkan  setelah beberapa menit chanel up berjalan pidah ke nomor chanel yang lebih tinggi. Hal ini, berubah setiap interval waktu 2 menit. Cek awal pada tambol chanel up ternyata normal, tegangan 5v juga normal. Hanya saja pada pin 6 ic program terjadi denyutan tegangan seperti layaknya tombol chanel di sentuh.

Setelah penelusuran jalur sirkuit dilanjutkan melepas tombol chanel dan melepas semua komponen yang terkait dengan pin 6 ic program, akhirnya kutemukan sumber masalah ternyata biang keroknya  pada Resistor hybrid (kode komponen pd mainboard tertulis AR01). Mengingat di daerahku susah cari pengganti alat ini, ya jalan pintas kuangkat pin 6 pada R hybrid tsb. dengan sedikit modifikasi menambahkan resistor 10k pada titik pin 1(AR01) dan titik bekas pin 6 (AR01).  Alhamdulillah, sukses tv tak lagi jalan-jalan sendiri hi..hi

Polytron 123
Kerusakan yang mirip terjadi pada tv polytron three in one, kerusakan pada transistor fet C102(Tr lemah) pada modul control panel depan. Pada type ini juga pernah kutemukan kerusakan pada tombolnya.

Polytron Minimax
Kerusakan yang mirip pada tv ini, hanya yang kadang berjalan sendiri pada tombol volume yang membesar sendiri, kerusakan ditemukan pada tombol yang kadang short. Sayang pada jenis ini modul panel sentuhnya menggunakan pcb plastik dan kabel fleksibel, yang takmungkin di solder (penggantian satu paket kabel dan modul control panel dipasaran belum ada). Jadi solusinya lepas saja kabel fleksibel yang nancap di mainboard, sementara tv bisa ditonton normal hanya mengandalkan remote control. 

1 komentar:

nurwulan mengatakan...

wah persis kyk LG saya,pdhl br 6 bln..thx infonya y