Jumat, 17 Februari 2012

Polytron Big Beauty, Suara berdesis

Beberapa waktu yang lalu mendapatkan pasien tv Big Beauty dengan kerusakan yang cukup kompleks. Maklum tv ini sudah dari bengkel tetapi tidak sembuh penyakitnya. Penyakit yang dideritanya komplikasi ... ha... ha... ha, sory pinjam istilah pak dokter. Gejala kerusakan yang kasat mata
1. tv dapat menyala dengan gambar kemerahan,
2. linearitas vertikal tidak sempurna; gambar lebih panjang bagian atas,
3. volume statis tidak bisa di up/down, dan
4. yang terakhir suara berdesis nyaris tak ada suara siaran pada kanal tertentu.

Langkah penyelesaian
1. Gambar kemerahan terjadi karena ada titik solderan yang retak di penguat video RGB, meski jika dilihat dengan mata telanjang terlihat normal, dengan memperbarui titik solderan di blok ini, masalah warna terselesaikan.
2. Linearitas gambar tidak sempurna, ditemukan beberapa elco di blok vertikal, menyusut nilanya, penggantian c pada tegangan boost, couple input vertikal dan tapis rc dah cukup menyelesaikannya, Di samping sedikit mengatur ulang parameter di servis menu.
3. Volume statis tak bisa dikecil/besarkan meskipun display volume terlihat normal, setelah di liat pada blok audio ternyata ic audio processornya raib cuma di short pake kabel. Setelah IC yang hilang ini saya ganti dengan AN5891K, masalah volume ini kelar, bisa di-up/down. Normal!
4. Setelah sekian banyak perbaikan termasuk penggantian ic audio processor ternyata kerusakan suara berdesah (FM) pada kanal seperti rcti, mnc, tvone masih saja ada. Awalnya saya pikir, kerusakan pada hardwarenya alias komponen-komponen yang aus, setelah pengecekan cristal, if, dll. semua normal. 
    Akhirnya,  kucoba lihat settingan di servis menu, ditemukan beberapa kejanggalan setingan yang tidak sesuai dengan setingan pabrik. Berikut ini setingan yang disesuaikan dengan kondisi tv mengacu setingan pabrikan:
IC Chroma : STV 2286H
IC program : HBM 00-01
Masuk ke menu servis dengan password 1014, akan terlihat menu Factory. Berikut ini hasil pengubahan yang disesuaikan:
Factory
OPTION0:  01011001
OPTION1:  00000011
OPTION2:  11000011
OPTION3:  00001000
If Fine                   128
If Coarse               10
AGC                     23
Secam filter              0
Ntsc filter                 0
AVL adj                    0
 Bass Mix                 0
 Dengan data setingan seperti di atas masalah suara yang hilang pada kanal tertentu dapat teratasi. Demikian hasil lembur semalam, mudah-mudahan sharing ini bermanfaat tanpa maksud menggurui para teknisi tv yang lain. Bila ada yang berkenan memberi masukan, saya ucapkan terimakasih.



1 komentar:

LPI ARROUF mengatakan...

Trims share ilmunya, sangat bermanfaat