Kamis, 21 Juli 2011

Sembunyikan (Hidden) File Video dan Foto pada Smartphone

         Kita kadang perlu melakukan proteksi terhadap file-file yang kita simpan dari jangkauan orang lain karena sifat kalayakan atau kepatutan. Hal ini karena pertimbangan keamanan, kerahasiaan atau hanya karena batasan umur untuk melihatnya.
         File pada smartphone dapat disembunyikan dengan cara membuat password atau sekadar mengubah atribut file menjadi hidden. Sayangnya tidak semua perangkat smartphone dilengkapi dengan fitur tersebut. Sehingga kita membutuhkan software aplikasi pihak ketiga, dalam hal ini penulis memanfaatkan ActiveFile versi 1.44.5. Aplikasi ini sebenarnya berfungsi sebagai manajer file.
         Dengan ActiveFile ini kita bisa menyembunyikan file video, gambar/foto bahkan audio. File video dan foto tidak bisa disembunyikan hanya mengubah atribut saja, karena folder gallery tetap menampilkannya, sehingga teman dekat atau anak-anak kita, masih saja mudah membukanya.
         Beberapa langkah menyembunyikan file yang harus dilalui.
1. Membuat Password pada aktivefile
         Langkah membuat password ini agar aplikasi activefile tidak bisa dibuka bebas oleh orang lain, kecuali oleh anda. Buka activefile -> pilih Option -> pilih Setting -> pilih General-> pilih Password (silakan isikan password sesuai ke inginan, yang penting mudah anda ingat)


                                                                  

2. Menyembunyikan File (hidden file)
 Buka activefile:
a. Mengubah atribut file
pilih disk dimana file berada/ di simpan. Pilih file ->klik Option-> pilih file -> pilih set attributes ->  pilih Hidden - ubah jadi yes-> klik Option ->klik Apply attributes.

                                                                                           


b. Pindahkan File
Klik file yang sudah diubah atributnya (langkah a)-> klik Option ->klik files -> pilih Cut -> (back)-> pilih folder untuk menyimpan ulang -> klik Option ->klik file ->pilih Paste-> (klik yes pada jendela pesan)


                                                                           
         Dua tahap umum tersebut (2a dan 2b) harus dijalankan, karena jika hanya mengubah atribut saja (langkah a) Gallery masih menampilkan file tersebut.
         File video atau foto yang sudah disembunyikan hanya bisa dilihat melalui aplikasi activefile, dan jika dibuka dengan manager aplikasi bawaan smartphone, file tersebut tidak terlihat.
         Untuk mendapatkan file aplikasi ActiveFile silakan kunjungi situsnya. Bisa diunduh secara gratis karena aplikasi ini freeware, kalau toh anda ingin membantu pengembangannya silakan memberikan donasi.

     

Tidak ada komentar: