Sabtu, 29 Oktober 2011

TV Samsung Protec

     Model : CB21M17ML
     IC       : KILPTH-1019
                 SS46941A9R
    Vertikal:  LA78040
    Reg     : 5Q0765RT
    FBT    : FOK 14A001
    Chassis: AA41-01153E

     Tv ini mengalami kerusakan  bisa hidup hanya sebentar lalu stby, dugaan awal kerusakan pada blok vertikal, setelah diukur tegangan nya secara umum normal, maklum hanya bisa mengukur tegangan saat tv start saja.
     Langkah berikut mencoba melihat raster yang muncul walau sesaat dengan sedikit memutar VR screen flyback. Dengan cara ini ternyata dapat dilihat bahwa raster yang muncul cacat, hanya kira-kira 10cm melintang horisontal.
     Setelah pengecekan bagian vertikal secara detil belum juga ditemukan masalah.   Akhirnya tv saya paksa hidup dengan sedikit modifikasi dengan menambahkan C 100pf, ke c310(no part) yang bernilai 10pf
Foto 1: sesat tv start setelah  menggeser VR screen kekanan

Foto 2: Setelah penambahan C310= 100pf







Foto 3: Lihat tanda panah letak C310




Hasilnya tv bisa hidup walau dengan raster yang tidak penuh dan dengan mudah mengukur tegangan vertikalnya. Setelah colok sana-sini tidak juga ditemukan sumber masalahnya.
 Ingat-ingat tv ini pake mode servis, kuputuskan masuk ke menu servis, setelah masuk menu servis ada parameter yang menurutku janggal. Menu Deflec NT == Kubiarkan apa adanya, pada menu Deflection terlihat kejanggalan pada V AMP = 0, nilai ini diubah jadi 62. Rasterpun mau membuka atas dan bawah namun muncul garis-garis di atas seperti lipatan. Setelah diteliti ternyata garis-garis tadi efek dari modifikasi awal ketika tv ini dipaksa hidup sehingga ketika parameter v amp di naikkan jadi terlalu tinggi. Kemudian C 100pf dilepas dan tv tetap hidup normal. Kena deh nih penyakit protec,
 Catatan tambahan pada tv ini, kerusakan layar menutup separuh bagian bawah --- kerusakan pada suplpy teg vertikal -12v resistor  putus.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren,makasih ilmunya!🅱🅱🅱😃😃😃😃😃
🅱😃😃🅱😃😃🅱😃
🅱😃😃🅱😃🅱🅱🅱
🅱🅱🅱😃😃😃🅱😃
🅱😃😃🅱😃😃😃😃
🅱😃😃🅱😃😃😃😃
🅱🅱🅱😃😃😃😃😃

PANGERAN ELEKTRONIK SERVIS mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
PANGERAN ELEKTRONIK SERVIS mengatakan...

🥥🥥🥥🥥🥥🥥🥥